Berita Hari Ini Blog Health

MINUMAN YANG BAIK UNTUK KESEHATAN DAN KECERDASAN OTAK

GW Indonesia, Health – Banyak cara sederhana untuk meningkatkan fokus, memori, dan produktivitas mereka. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi beberapa minuman yang bagus untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan otak.

Otak adalah organ utama dalam tubuh yang mengirimkan pesan ke berbagai bagian tubuh dan membantu manusia beraktivitas setiap hari.

Jika ingin meningkatkan kesehatan otak, maka perlu memperhatikan apa yang dimakan dan diminum. Oleh Karena itu, pola makan memiliki peran penting dalam menjaga hidup tetap sehat.

Berikut adalah beberapa 15 jenis minuman mulai dari jus hingga teh di masukkan ke dalam daftar menu sehari-hari:

1. Jus buah beri

Melansir dari laman India.com, buah beri adalah salah satu makanan paling sehat untuk diet. Ini baik untuk kesehatan setiap bagian tubuh. Buah tersebut memiliki anti-inflamasi, anti-oksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

Selain itu, buah beri juga memiliki bahan kimia tanaman, anthocyanin, yang dikenal untuk meningkatkan daya ingat.

2. Jus bit

Sayuran akar sangat sehat ini membantu melindungi terhadap radikal bebas yang merusak. Sayuran ini memiliki nitrat untuk mengendurkan pembuluh darah sehingga menurunkan risiko tekanan darah yang selanjutnya berisiko terjadinya stroke otak dan demensia.

Manfaat lain yang bisa Bunda dapatkan dari bit adalah membantu meningkatkan oksigenasi sel dan aliran darah.

3. Kopi

Sebagian besar manfaat kopi untuk didapat dari kafein. Selain itu, kandungan asam klorogenat dalam kopi juga bisa memengaruhi otak.

Tercatat bahwa kafein dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Ini juga melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer. tetapi disarankan untuk tidak minum lebih dari 4 cangkir atau 400 miligram kopi per hari.

4. Kombucha

Ini adalah minuman fermentasi yang membantu kesehatan usus dan mikroba usus yang baik. Bunda bisa mengonsumsi minuman ini karena poros usus-otak juga memengaruhi kesehatan otak.

5. Jus buah delima

Delima adalah antioksidan hebat dan membatasi radikal bebas yang bisa merusak sel-sel otak. Antioksidan juga dipercaya dapat meningkatkan aliran darah dan melindungi jantung.

Sistem kardiovaskular yang sehat identik dengan peningkatan fungsi otak. Jus ini bisa dikonsumsi setiap hari pada pagi atau sore hari.

6. Jus wortel

Wortel dikenal dengan komponen sehatnya yang bermanfaat bagi mata. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa makanan ini juga bagus untuk otak, Bunda.

Seperti sayuran berwarna lainnya, sayuran ini merupakan sumber antioksidan dan memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi. Jus wortel dapat mengurangi peradangan sel otak dan meningkatkan daya ingat.

7. Kakao

Sebuah penelitian di Harvard mengungkap bahwa dua cangkir kakao sangat membantu seseorang dalam meningkatkan daya ingat. Kakao mengandung flavanol yang menjaga tekanan darah tetap normal dan melemaskan lapisan pembuluh darah.

Kakao juga dikenal sebagai agen antioksidan hebat yang membatasi radikal bebas memengaruhi sel-sel otak. Kakao tidak boleh terlalu banyak mengandung gula dan sebaiknya dikonsumsi selagi masih panas sebelum memulai aktivitas.

8. Jus jeruk

Melansir dari laman healthline, jus jeruk kaya akan vitamin C, menariknya kandungan ini juga menawarkan manfaat neuroprotektif.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 50 orang menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kadar vitamin C lebih tinggi di dalam darahnya dilaporkan memiliki skor perhatian, memori, dan bahasa yang lebih baik.

9. Smoothie hijau

Jus atau smoothie hijau bisa melindungi kesehatan otak. Bayam, kangkung, brokoli, atau sayuran hijau lainnya memiliki nutrisi seperti folat dan lutein, serta kaya akan zat besi dan magnesium. Semua nutrisi ini membantu meningkatkan kesehatan otak, fungsi kognitif, dan juga melindunginya dari masalah neurodegeneratif.

10. Air lemon

Seluruh tubuh membutuhkan air, termasuk otak. Saat dehidrasi, fungsi mental terganggu. Air membentuk 75 persen volume otak dan bertindak sebagai peredam kejut alami.

Tambahkan perasan lemon ke dalam segelas air untuk menambah rasa dan nutrisi. Lemon memiliki nutrisi tanaman yang melindungi sel dari kerusakan. Ditambah lagi, beberapa orang menganggap aromanya meningkatkan mood kerja.

11. Susu kunyit

Melansir dari laman Economic Times, susu kunyit hangat dan lembut terkadang disebut sebagai golden milk. Kurkumin dalam kunyit dapat meningkatkan sintesis faktor neurotropik yang diturunkan dari otak.

12. Kefir

Seperti kombucha, kefir adalah minuman fermentasi yang mengandung probiotik. Akan tetapi, ini terbuat dari susu fermentasi, bukan teh. Minuman ini dapat membantu fungsi otak dengan mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus.

13. Teh ginko biloba

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 2.600 orang menemukan bahwa tanaman ginko biloba dapat meringankan gejala penyakit Alzheimer dan penurunan kognitif ringan. Akan tetapi, sebagian besar penelitian yang tersedia berkualitas rendah.

14. Teh hijau

Teh hijau mengandung kafein dan katekin. Menurut beberapa penelitian, ini membantu untuk merilekskan tubuh, meningkatkan fokus, memori, dan rentang perhatian juga.

15. Teh ginseng

Akar ini telah menjadi bahan pokok pengobatan tradisional Tiongkok selama berabad-abad. Ini dapat membantu meningkatkan stamina, konsentrasi, dan daya ingat.

Beberapa bukti mendukung penggunaan ginseng untuk sifat neuroprotektif dan meningkatkan fungsi otak, namun penelitian lain tidak menunjukkan efek apa pun.

Nah, itulah beberapa minuman yang bagus untuk kesehatan dan kecerdasan otak. Semoga bermanfaat

One Reply to “MINUMAN YANG BAIK UNTUK KESEHATAN DAN KECERDASAN OTAK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *