Kriminal Peristiwa Populer Terorisme Trend Topic

KRONOLOGI KERUSUHAN DAN PENYANDERAAN ANGGOTA KEPOLISIAN

GWINDONESIA, Jakarta – Penanganan tragedi kerusuhan dimako brimob yang disertai oleh aksi penyanderaan lima anggota Brimob akhirnya telah menyerahkan diri.

Dari pantauan GWINDONESIA.COM

Selasa,08 mei 2018
Pukul 17:00 Wib

Wakapolri Komjen Syarifuddin mengatakan peristiwa tersebut terjadi sejak jam 17:00 wib, namun belum bisa disebutkan awal terjadinya.

Brigjen M Iqbal menyebutkan kerusuhan di mulai gara-gara persoalan makanan

“Sampai saat ini, insiden itu hanya dipicu oleh makanan,” kata Iqbal di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Kamis (10/5/2018).

keributan soal makanan tersebut berawal dari seorang napi bernama wawan.yang mengaku menerima titipan makanan dari keluarganya.

Siang atau sore, ini kan ada makanan yang dititip keluarga. Katanya nitip ke Pak Budi (petugas). Pak Budi sedang tidak tugas atau sedang keluar, jadi dicari-cari nggak ada. Dia bikin ribut, goyang-goyang, si Wawan (menanyakan) mana titipan makanannya. Ribut, ribut, sehingga memicu yang lain,” ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto kepada wartawan di Mako Brimob Depok, Rabu (9/5/2018).

Pukul 23:50 Wib

Sembilan Orang Polisi saat itu berjaga-jaga di rutan mako brimob. mereka menggunakan senjata laras panjang. namun berita simpang siur soal kerusuhan yang beredar. dari penyanderaan hingga korban jiwa, sehingga informasi belum ada yang terkonfirmasi.

Dan Brigjen M Iqbal pada saat itu memberikan keterangan pers terkait kerusuhan yang terjadi.

Rabu 09 Mei 2018
Pukul 00:12 WIB

Polisi mulai berjaga-jaga dan memasang kawat berduri pada area gerbang pintu masuk Mako Brimob, Kelapa dua. Polisi mulai mensterilisasi berjarak 100 meter.

Polisi dilengkapi dengan senjata laras panjang berjaga persis dipintu masuk, seberang pintu masuk, gerbang sisi kiri dan kanan. pada saat itu ada 20 petugas yang dikerahkan untuk berjaga-jaga. dan diwaktu yang bersamaan polisi melakukan razia yang melintas didepan  Mako Brimob.

Pukul 01:00 WIB

Brigjen M Iqbal memberikan keterangan pers yang berkaitan dengan kondisi penanganan kerusuhan di Mako Brimob. Polri menyatakan situasi rusuh antara tahanan dan petugas dan sedang dalam proses penanganan. Saat itu Brigjen M Iqbal mengatakan kondisi masih dapat dikendalikan, namun keterangan tersebut belum bisa dijelaskan secara detail.

“Saat ini, situasi masih dapat dikendalikan. Doakan saja kami dapat menuntaskan insiden ini,” ujar Iqbal, Rabu (9/5) dini hari.

Pukul 01:08 WIB

Polisi memberikan tanda penutupan jalan dengan ditandai sebuah mobil Patwal pada jarak 200 meter dari pintu masuk Mako Brimob.

Penutupan arus tersebut berlangsung hingga pagi hari.

Pukul 06:21

ada sekitar 20 petugas kepolisian bersenjata lengkap didepan Mako Brimob, sehingga arus lalu lintas padat dijalan Komjen M Jasin, Kelapa dua, Depok. sejumlah kendaraan terlihat memutar arah ke jalan Raya Bogor.

Dan para pengendara yang mengarah ke Universitas Indonesia dialihkan ke jalan tugu raya sehingga keluar di perempatan Universitas Gunadarma.

Pukul 08:12 WIB. 

Dua buah mobil Ambulan masuk kedalam Mako Brimob disusul mobil Land Cruiser berwarna hitam yang masuk secara bersamaan.

Pukul 08:42 WIB.

Mobil Inafis Polri masuk kedalam Mako Brimob. pintu masuk Korp Polisi Satwa juga terlihat ada penjagaan. terlihat ada 3 truk polisi yang terparkir di Pintu masuk Korp Polisi Satwa.

Pukul 09:03 WIB

Menyusul mobil Ambulan yang masuk kedalam Mako Brimob yang berasal dari Polres Kota Depok dan RS Polri.

Dan diketahui ada empat orang mengalami luka akibat kerusuhan ini. namun Brigjen M Iqbal belum bisa memerinci korban yang mengalami luka. korban yang mengalami luka dirawat di RS Bhayangkara milik Brimob.

Pukul 11:30 WIB

Enam kantong Jenazah dibawa ke RS Polri dari Mako Brimob.

Pukul 12:05 WIB

Tim Inafis atau Indonesia Automatic Fingerprint Identificaton System tiba di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk mengecek jenazah dalam kantong yang dikirim dari Mako Brimob. 

Pukul 13:00 WIB  

Sebanyak empat peti jenazah dikirim ke ruang forensik

Pukul 15:15 WIB

Polri Menyatakan satu anggotanya masih disandera oleh para teroris. Polri juga mengumumkan lima anggotanya tewas dan satu teroris tewas. para anggota polisi yang tewas dibunuh dengan sangat kejam. terdapat luka gorok dileher yang dalam.


Lima anggota Kepolisian yang tewas 

1. Bripda wahyu Catur
2. Bripda Sukron Fadli
3. IPDA Rospuji
4. Bripka Denny
5. Briptu Fandi

para anggota yang gugur diberi pangkat anumerta

Korban Tewas Pihak Tahanan

1. Benny Syamsu Tresno, napi asal dari pekan baru.

Anggota polisi yang ditawan oleh kawanan teroris narapidana

1. Bripka Iwan Sarjana.

Pukul 16:04 WIB

Mobil Pangdam Jaya nopol 1-03 masuk ke area Mako Brimob.

Pukul 19:30 WIB

Jenazah Briptu Anumerta Syukron Fadhli dibawa ke rumah duka

Pukul 21:30 WIB.  

LPSK mendatangi RS Bhayangkara untuk mengecek kondisi anggota yang jadi korban kerusuhan.    

Pukul 23:30 WIB  

Polisi melakukan pendekatan lunak terhadap napi teroris yang telah menguasai sebagian Mako Brimob. Polisi juga mengirim makanan kepada para napi.   

“Kita kirim (makanan),” kata Irjen Setyo Wasisto kepada wartawan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Rabu (9/5/2018).   Makanan yang diberikan kepada napi untuk 150 orang dan juga polisi memberikan Ponsel untuk  bernegosiasi.     

Kamis 10 Mei 2018Pukul 00:00 WIB.   

Bripka Iwan Sarjana yang disandera oleh para napi berhasil dibebaskan. terdapat luka memar dibagian wajah pada Bripka Iwan Sarjana. Bripka Iwan ditukar dengan paket makanan untuk para teroris.  

Pukul 01:20 WIB  

Mobil Baracuda masuk kedalam komplek Mako Brimob.   

Pukul 04:35 WIB  

Polisi memberikan Ultimatum kepada para teroris yag berada dirutan Mako Brimob. polisi memberikan deadline kepada para teroris untuk menyerahkan diri sebelum fajar   Menko polhukam Wiranto mengatakan 145 menyerah tanpa syarat sebelum fajar, dan 10 orang napi tidak mau menyerah dan masih memegang senjata.    Polisi lalu melakukan serbuan terencana ke 10 orang yang masih bertahan kata Wiranto, sempat terdengar suara bom dan tembakan, 10 orang teroris tersebut akhirnya menyerah.   

Pukul 17:15 WIB

Wakapolri Komjen Syafruddin menyatakan operasi penanganan napi teroris di Rutan Cabang Salemba Mako Brimob sudah selesai. Operasi berakhir pukul 07.15 WIB.   Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Jenderal (purn) Budi Gunawan. Kepala BPNT Komjen Suhardi Alius, Dan kepala Staff  Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko ikut hadir dalam penanganan kerusuhan yang ada di Mako Brimob.     

Pukul 07:20 WIB  

Terdengar ledakan tembakan. Wakapolri menyatakan ledakan tersebut akibat proses sterilisasi 

162 Replies to “KRONOLOGI KERUSUHAN DAN PENYANDERAAN ANGGOTA KEPOLISIAN

  1. Its like you learn my mind! You appear to grasp a lot approximately this, like you wrote the e book in it or something. I feel that you simply can do with some percent to pressure the message house a bit, but instead of that, this is fantastic blog. A great read. I will definitely be back.

  2. What’s Happening i am new to this, I stumbled upon this I’ve found It positively useful and it has aided me out loads. I hope to contribute & aid other users like its aided me. Good job.

  3. Bravo on the article! The insights are well-expressed, and I believe incorporating more images in your next articles could be beneficial. Have you thought about that? ️

  4. Incredibly impressive! This content is simply brilliant. The way it was presented is top-notch. You can clearly see the care and expertise put into this work. Kudos to the author for delivering such an enriching experience. I can’t wait to see more content like this in the future.

  5. Wow, blog ini seperti perjalanan kosmik melayang ke galaksi dari kegembiraan! Konten yang mengagumkan di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi imajinasi, memicu ketertarikan setiap saat. Baik itu gayahidup, blog ini adalah harta karun wawasan yang mendebarkan! #KemungkinanTanpaBatas Berangkat ke dalam pengalaman menegangkan ini dari penemuan dan biarkan imajinasi Anda terbang! Jangan hanya membaca, rasakan sensasi ini! akan bersyukur untuk perjalanan mendebarkan ini melalui alam keajaiban yang menakjubkan!

  6. Artikel ini hebat! Cara klarifikasinya sungguh memikat dan sangat mudah untuk dipahami. Sudah terlihat bahwa telah banyak kerja keras dan penelitian yang dilakukan, yang sungguh mengesankan. Penulis berhasil membuat tema ini tidak hanya menarik tetapi juga menyenangkan untuk dibaca. Saya dengan suka cita menantikan untuk melihat lebih banyak konten seperti ini di masa depan. Terima kasih atas berkontribusi, Anda melakukan karya yang istimewa!

  7. Wow, this blog is like a cosmic journey launching into the galaxy of excitement! The thrilling content here is a captivating for the mind, sparking excitement at every turn. Whether it’s lifestyle, this blog is a goldmine of exhilarating insights! into this thrilling experience of imagination and let your mind fly! Don’t just read, immerse yourself in the thrill! will thank you for this exciting journey through the realms of discovery!

  8. Wow, this blog is like a fantastic adventure soaring into the galaxy of endless possibilities! The mind-blowing content here is a rollercoaster ride for the mind, sparking excitement at every turn. Whether it’s lifestyle, this blog is a treasure trove of exhilarating insights! #InfinitePossibilities Dive into this cosmic journey of discovery and let your thoughts soar! Don’t just enjoy, savor the thrill! will be grateful for this exciting journey through the worlds of awe!

  9. I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you make this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz respond as I’m looking to design my own blog and would like to find out where u got this from. thanks a lot

  10. Hello there, just became alert to your blog through Google, and found that it is really informative. I’m going to watch out for brussels. I will be grateful if you continue this in future. Numerous people will be benefited from your writing. Cheers!

  11. I highly advise to avoid this site. The experience I had with it has been purely disappointment as well as suspicion of scamming practices. Be extremely cautious, or better yet, look for a trustworthy site for your needs.

  12. I highly advise to avoid this platform. The experience I had with it was nothing but frustration and concerns regarding scamming practices. Be extremely cautious, or alternatively, seek out an honest site to fulfill your requirements.

  13. I highly advise steer clear of this platform. My own encounter with it was purely disappointment as well as suspicion of scamming practices. Exercise extreme caution, or even better, seek out an honest service to fulfill your requirements.

  14. I highly advise steer clear of this platform. The experience I had with it has been nothing but dismay and doubts about fraudulent activities. Proceed with extreme caution, or even better, look for an honest site for your needs.

  15. I strongly recommend steer clear of this platform. My personal experience with it was purely disappointment as well as concerns regarding deceptive behavior. Proceed with extreme caution, or better yet, seek out a more reputable site to fulfill your requirements.

  16. I was very happy to seek out this internet-site.I wished to thanks in your time for this glorious read!! I undoubtedly enjoying every little bit of it and I’ve you bookmarked to check out new stuff you blog post.

  17. I strongly recommend stay away from this site. My own encounter with it was purely frustration as well as concerns regarding deceptive behavior. Proceed with extreme caution, or better yet, look for a more reputable site for your needs.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *